Friday, January 22, 2016

Google Doodle Hari ini, Wilbur Scoville

Wilbur Scoville
Wilbur Scoville
Ada yang tahu tentang skala Scoville? Skala yang menentukan tingkat kepedasan cabai berdasarkan kadar capsaicin nya ini ditemukan oleh Wilbur Scoville.

Saya sendiri jujur baru tahu hari ini. Itu pun gara-gara lihat Google Doodle hari ini yang menarik mata. Hahay. 

Wilbur Lincoln Scoville (lahir di Bridgeport, 22 Januari 1865 – meninggal di Gainesville, 10 Maret 1942 pada umur 77 tahun)[1] adalah apoteker asal Amerika Serikat yang menciptakan Skala Scoville, skala kepedasan dalam jenis cabai-cabaian. Bukan cabe-cabean yang pake rok mini ya… Hehe. 

Skala Scoville muncul dari pengembangan "Tes Organoleptik Scoville" pada tahun 1912 di perusahaan farmasi Parke-Davis, tempat ia bekerja, yang bertujuan mengukur tingkat kepedasan atau pikuansi dalam beberapa jenis cabai. Skala Scoville adalah ukuran tentang pedasnya cabai. Buah genus Capsicum (cabai) mengandung capsaicin, suatu bahan kimia yang merangsang ujung saraf penerima pedas di lidah, dan jumlah satuan pedas Scoville (SHU) menunjukkan jumlah capsaicin yang ada. Banyak sambal menggunakan peringkat Scoville mereka dalam iklan sebagai daya jualnya

Selain itu, Wilbur Scoville juga merupakan penulis sebuah buku yang berjudul “The Art of Compunding” yang dipublikasikan pada 1895. Wilbur Scoville juga menjadi seorang profesor di Massachusets College of Pharmachy and Health Science pada tahun 1912. Saat itulah, dia mengembangkan Tes Organoleptic Scoville yang merupakan tes untuk menguji tingkat kepedasan dari berbagai macam cabai yang saat ini dikenal dengan Scoville Scale.

Hari ini Pak Scoville berulang tahun yang ke 151. Karena itu, Google Inc membuat Doodle khusus buat beliau. Ini penampakan doodle nya.


Lucu kan.. si Mr Schoville dikelilingi banyak cabe gitu.. trus jadi huruf O. Yang unik, di google doodle hari ini, bukan sekedar gambar atau video. Tapi ini adalah game. Coba deh klik tombol play di kanan bawah. Kalian pasti akan langsung disuguhi tayangan pak Schoville makan cabai. Mulai dari level terendah. Paprika atau bell paper.


Setelah itu, tugas kalian adalah menembakkan es krim ke arah cabai yang menantang. Saya berhasil sampai level 6. Extremely hot. Itu level tertinggi yang saya capai. Suruh ngulang pun nggak bisa-bisa.

Mau coba main? Kuncinya adalah tembak ketika kursor berjalannya pas ada di tengah2. Oiya, tonton juga nih video nya,


sumber : wikipedia

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih Anda sudah mengunjungi d'journal of ifah.