Thursday, December 24, 2015

Ibu Untukku...

Arti Ibu
“A mother is she who can take place of all others but whose place no one else can take”
Assalamu’alaikum… :)

Nggak terasa yah udah sampai di penghujung tahun lagi. Artinya bentar lagi ganti tahun. Banyak banget yang sudah terjadi di sepanjang tahun 2015 ini.

Tapi ada satu moment yang sangat dinanti para perempuan di bulan Desember, yakni hari ibu. Tadi siang baca postingan tentang hari ibu di grup FB jadi teringat sama ibuku sendiri. Saya langsung deh pengen nangis. Udah satu bulan saya nggak menelepon beliau untuk sekedar mendengar suaranya. Sejak ponsel saya hilang dan sekarang belum dapat penggantinya. HP cuman bisa buat sms –an karena speakernya udah nggak bisa dibenerin. Jadilah saya hanya sekedar bertegur sapa lewat sms yang tentunya bukan ibu saya yang balas. Karena ibu saya tidak begitu jelas penglihatannya untuk membaca sms.

Saya tinggal di rantau, jauh dari keluarga dan tentu saja dari ibu. Baik ibu sendiri maupun mertua. Terakhir ketemu bulan juli pas mudik lebaran. Itu pun hanya beberapa hari karena suami mesti kerja dan Adrian nggak bisa jauh dari ayahnya.

Sedih.. iya. Kangen.. banget. Sebagai anak, saya masih ingin sesekali bermanja-manja terhadap beliau. Beliau orangnya sabarr banget ngadepin saya yang keras kepala. Meskipun dalam beberapa hal, beliau sama keras kepalanya dengan saya. Tetapi, jika berhadapan dengan ego saya yang lebih tinggi, beliau mampu mengalah.

Banyak banget kenangan manis dan nasehat beliau yang selalu saya ingat. Salah satunya adalah ketika saat itu semua teman-teman sudah punya HP sendiri. Sedangkan saya tidak. Dan saya tahu kalau beban sekolah saya sudah sangat berat dan tak mungkin untuk membeli HP. Ibu tahu kalau saya iri. Tapi beliau berkata,

“Nak, sekolah yang bener. Belajar yang pinter. Nanti kalau sudah kerja, mau beli apapun yang kamu suka terserah. Tidak usah mikirin ibu”

Ketika itu, kata-kata itu sangat merasuk di hati. Saya berusaha banget agar dapat mencukupi keinginan saya yang dulu tak saya dapatkan. 

Saya tahu, perasaan ibu sebenarnya sedih, ketika tak bisa memenuhi keinginan anaknya. Membuat anaknya seperti teman-temannya. Seperti yang sekarang saya rasakan setelah menjadi ibu.

Sejak dulu saya sangat suka bermanja-manja terhadap ibu. Entah sekedar memeluknya, atau tidur di pangkuannya sambil memintanya mengelus-elus rambut saya. Kemudian beliau akan melakukannya sambil member wejangan, nasehat atau cerita. Meski saat itu beliau capek sekalipun.

Ada satu moment terbaik bersama ibu yang sampai sekarang saya ingat terus. Saat itu, saya bilang kalau sudah punya calon suami. Tetapi orangnya tidak gagah. Tidak tinggi. Dan bukan orang kaya.

Tentu saja ketika itu saya sudah dewasa. Ibu dengan sabar, sambil mengelus kepala saya berkata.

“Nduk, omah-omah ki ora seko fisik po sugihe. Ning sing penting agamane apik, podho tresnane karo gelem usaha. Nek gelem usaha mengko yo iso sugih. Sugih ki ora seko materi. Nek kowe ngrasane cukup, yo kowe ngrasane mesti wis sugih. Wis ayem”

Yang artinya kira-kira

“Nak, menikah itu bukan karena fisik atau kekayaan. Yang penting baik agamanya, saling menyayangi dan mau berusaha. Kekayaan akan datang kalau memang mau berusaha. Kekayaan bukan dari materi. Tetapi asal kita merasa cukup, maka kita akan merasa kaya dan bahagia.”

Tess.. air mata saya mengalir. Trenyuh. Ahh.. semua nasehat ibu memang selalu jlebb. Membuat saya langsung bangkit dan memeluknya.

Dan benar, ketika kita merasa cukup penghasilan per bulan berapapun akan selalu mampu memenuhi kebutuhan kita.

Ibu saya orangnya keras dan sensitif perasaannya. Tetapi, beliau sabar menghadapi anak-anaknya. Saya dan kedua kakak saya. Bahkan sampai sekarang. Beliau tak pernah mengeluh ketika saya lama tak bisa pulang. Hanya mungkin bertanya di telepon. Kenapa lama tak pulang? Sehat kan di sana?

Ibu saya juga kuat dalam fisik. Saat saya sakit, bahkan masih kuat menggendong saya. Terakhir kali saya digendong, saya sudah kelas 4 SD. Saat itu saya ingat banget berat normal saya udah 24 kg. Karena saya memang gemuk saat itu. Tetapi beliau dengan tabah, mungkin kasihan melihat saya, menggendong saya di belakang untuk periksa ke dokter.

Padahal kalau saya bandingkan sekarang. Menggendong Adrian yang masih 2 tahun saja rasanya pegel tangan kalau kelamaan. Bagaimana dengan menggendong saya yang endut banget saat kecil.

Menetes air mata saya kalau mengingatnya. Tangannya yang dulu sering membelai rambut saya, sekarang sudah keriput. Kulitnya yang dulu kencang, sekarang mulai menggelambir. Rambutnya yang dulu lebat, sekarang sudah memutih dan mulai rontok.

Ahh.. rasanya saya rindu ingin pulang. Rindu belaian tangannya dan nasehat-nasehatnya.

Saya sadar masih harus banyak belajar dari beliau. Terutama tentang kesabaran dalam keluarga. Terkadang saya suka emosi melihat tingkah Adrian. Padahal saya dulu lebih parah dari Adrian. Haha.

Tahun ini, sudah akan berakhir. Tetapi kerinduan ini belum usai. Selamat hari ibu. Maaf kan anakmu yang belum bisa membahagiakanmu sepenuhnya. Semoga engkau selalu sehat dan selalu dalam lindungan-Nya. Peluk cium dari anakmu yang jauh ini. 

 "Tulisan ini disertakan untuk giveaway #HariIbu bersama My Scrap Book"

giveaway hari ibu

This entry was posted in

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih Anda sudah mengunjungi d'journal of ifah.